Selasa, 06 Juli 2010

ROBIN (robot ip network)

ROBIN (ROBOT IP NETWORK)

YANG DIKONTROL MELALUI WEBSITE

ABSTRAKSI

Penggunaan jaringan internet sebagai media penyalur sinyal kontrol dan monitoring telah berkembang dengang pesat, diantaranya untuk pengaturan peralatan di rumah tangga, kontrol robot, telemedika, dll. Masalah robot yang ada sekarang dikontrol dalam jarak tertentu sehingga tidak dapat dilakukan pengontrolan jarak jauh. Untuk memecahkan permasalahan tersebut maka dilakukan perancangan prototype ROBIN (Robot IP Network) yang mampu dikontrol melalui media IP. Pengontrolan robot IP bisa juga dengan menggunakan media wireless. ROBIN adalah robot yang dikontrol oleh website. Web kontrol dibuat berbasis HTML dilengkapi oleh flash dan javascript. Sedangkan untuk media interface antara robot dengan aplikasi digunakan acces point. Pengontrolan robot IP memerlukan sebuah IP sebagai identitas dari robot, untuk itu perlu ditanamkan sebuah TCP/IP sebagai media penyimpanan IP. Disamping itu TCP/IP kit juga berfungsi sebagai penghubung antara website dengan robot yang akan menerjemahkan perintah yang dikirimkan oleh web untuk dieksekusi mikrokontroller. Mikrokontroller berperan sebagai otak bagi robot hardware salah satunya komponen utama penggerak robot yaitu motor servo. Berupa sebuah prototype robot IP yang diberi nama ROBIN, yang dapat dikendalikan dari web. Interface pengontrolan dilakukan melalui website untuk menggerakan robot maju, mundur, kiri dan kanan.

Kata kunci : ROBIN, Wireless, Website, TCP/IP, Mikrokontroller

ROBIN (ROBOT IP NETWORK)
CONTROLLED THROUGH WEBSITE


ABSTRACT


Use of the Internet as a medium of control signals and monitoring of suppliers has grown rapidly, including for the arrangement of household equipment, robotic control, telemedicine, etc.. Problems of the existing robot controlled within a certain distance so it can not be controlled remotely. To solve the problems it is done designing the prototype ROBIN (Robot IP Network), which can be controlled through IP media. IP can also control robots by using wireless media. ROBIN is a robot which is controlled by the website. HTML-based Web controls created complemented by the flash and javascript. While for the media with an application interface between the robot used access point. IP robot control requires an IP as the identity of the robot, it is necessary to implant a TCP / IP as the IP storage media. Besides TCP / IP kit also serves as a liaison between the website with a robot that will translate commands sent by the web to be executed microcontroller. Microcontroller serves as the brain for the robot hardware is one of the main components that drive the robot servo motor. IP in the form of a prototype robot named ROBIN, which can be controlled from the web. Control interface is done through the website to move the robot forward, backward, left and right.


Keywords: ROBIN, Wireless, Web, TCP / IP, Microcontroller

PENDAHULUAN

Di era globalisasi ini perkembangan pengontrolan dengan menggunakan mikrokontroller yang diterapkan pada robot sangatlah pesat. Pengontrolan robot IP bisa dilakukan dengan media internet dalam jangkauan luas maupun lokal seperti menggunakan wireless. Ini lebih sering dikenal dengan istilah “otomatis”.

Dalam perkembangan sistem otomatis tidak terlepas dari tehknologi robotika, robot memegang peran yang sangat signifikan dalam evolusi sistem otomatis. Sistem kontrol yang mampu dicostum

Sesuai dengan keinginan pengguna dan juga desainnya yang dapat dirancang se-humanoid mungkin menjadi alasan utama robotika dipilih dalam menerapkan sistem otomatis. Dalam dunia industri robot memegang peranan yang sangat penting terutama industri-industri yang memiliki resiko tinggi seperti vulcanologi, pertambangan, eksplorasi ataupun industri nuklir.

Pada industri ini, robot digunakan sebagai alat pelacak sekaligus penganalisa kondisi suatu keadaan yang tidak mungkin dilakukan secara langsung oleh manusia. Dewasa ini, robot tidak hanya berperan dalam dunia industri, seiring dengan meningkatnya kebutuhan manusia dan juga kegiatan yang sangat padat, robot humanoid menjadi pilihan sebagai pembantu pekerja manusia sehari-hari bahkan menjadi sahabat untuk bercerita dan juga menjaga rumah. Pengontrolan robot dapat dilakukan melalui IP baik menggunakan media kabel atau menggunakan wireless. Pengontrolan dengan menggunakan media kabel dirasa kurang efisien karena terlalu besarnya biayayang diperlukan serta terlalu dibatasi dengan tempat, untuk itu media wireless merupakan sarana atau pilihan yang tepat untuk menggantikan kabel. Pengontrolan dilakukan melalui website untuk mengerakan robot, web kontrol dibuat dengan berbasis HTML yang dilengkapi dengan flash dan javascript. Komunikasi wireless dibuat dengan memanfaatkan access point yang ditempatkan pada robot, dan penghubung antara website dengan robot yang akan menerjemahkan perintah yang dikirimkan oleh web untuk dieksekusi mikrokontroler yaitu menggunakan TCP/IP Stater Kit.

PEMBAHASAN

Perancangan IP Wireless Robot

Dalam perancangan wireless IP robot ini dibagi menjadi dua perangkat, yaitu perangkat keras (Hardware), dan perangkat lunak (Software). Perangkat keras merupakan rangkaian-rangkaian elektronika yang digunakan meliputi : Power Supply, Microcontroller AVR, TCP/IP kit, Driver Motor, Motor Servo. Sedangkan untuk perangkat lunak merupakan program mikrokontroller dalam bahasa C, dan website yang digunakan untuk pengontrolan alat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar